Tentang Pemeringkat UMKM

Pemeringkatan UMKM & Konsultasi Manajemen (PUKM) adalah nama sebuah Divisi di Perum Jamkrindo, yang sejak pendiriannya di awal tahun 2016 bertugas untuk menginisiasi adanya layanan pemeringkatan bagi UMKM Indonesia.Smera

Sebagaimana telah banyak dikupas di berbagai kesempatan, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKM) yang memegang peranan sangat penting dalam perekonomian Indonesia, saat ini masih mengalami kesulitan dalam mengakses pembiayaan. Hal ini karena assymetric information yaitu belum seimbangnya informasi tentang UMKM yang dimiliki oleh calon kreditur/lender, sehingga keraguan untuk menyalurkan kredit kepada UMKM masih cukup tinggi.  Alhasil tingkat penyaluran kredit UMKM masih relatif rendah.

Sebagai upaya menurunkan biaya akuisisi debitur atau biaya perolehan debitur oleh lembaga keuangan calon penyalur kredit, maka diperlukan database dan informasi profil UMKM yang memadai.  Hal ini merupakan landasan kegiatan Pemeringkatan UMKM & Konsultasi Manajemen Perum Jamkrindo.

Sebagai bagian dari kegiatan awal  pembentukan Lembaga Pemeringkatan UMKM, maka secara internal diperlukan berbagai upaya untuk mempersiapkan SDM yang akan melaksanakan kegiatan Pemeringkatan & Konsultasi Manajemen UMKM, antara lain melalui kegiatan sosialiasi internal di Perum Jamkrindo.

Blog ini dibentuk untuk mendokumentasikan kegiatan Kuliah melalui Whatsapp atau Kuliah WA (Kul WA), yang dilaksanakan di Perum Jamkrindo dimana host kegiatan ini adalah Divisi PUKM atas WAG (WhatsApp Group) yang digagas oleh Direktur Utama Perum Jamkrindo, Diding S. Anwar. KulWA dilaksanakan dengan mengundang narasumber baik dari eksternal maupun internal perusahaan, dan di awal pembentukannya beranggotakan seluruh pimpinan unit kerja di Jamkrindo (Kepala Divisi, Kepala Kantor Wilayah, Kepala Cabang, Kepala KUP, termasuk Pranata).

Group WA bertajuk: GD Rating & Pendamping UMKM dibentuk pada 7 Pebruari 2017 dan mengawali Kuliah WA pertama pada 9 Pebruari 2017.

Keanggotaan WAG berkembang hingga 252 orang anggota pada akhir minggu ke-3 Maret 2017.

Advertisements